Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 68
Total Hits : 1,797,386
Pengunjung Hari Ini : 43
Pengunjung Online : 1
Total pengunjung : 491,429

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 93 Next > Last >>

 Kunjungan Menteri Sandiaga Uno Ke Desa Pela

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno, menjadi menteri pertama yang mengunjungi Desa Wisata Pela di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Desa Pela yang baru pertama kali kedatangan menteri dari Jakarta. Kunjungan Menparekraf ini, dalam rangka peninjauan Desa Pela yang masuk dalam peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.
Rombongan Kemenparekraf datang secara langsung melalui jalur darat dari Tenggarong. Lalu menaiki longboat menyusuri Sungai Mahakam dari Kecamatan Kota Bangun, untuk selanjutnya menuju Desa Pela yang terletak di pinggiran anak Sungai Mahakam dekat Danau Semayang. Tak sendiri, Menparekraf Sandiaga Uno datang bersama Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, Hetifah Sjaifudian dan didampingi Bupati Kukar, Edi Damansyah. Serta Wakil Gubernur (Wagub) Kalimatan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi yang juga menyempatkan hadir mendampingi kunjungan kerja sang menteri di Desa Pela. Selain menyapa para warga lokal, Sandiaga Uno melihat langsung aktivitas pariwisata berbasis masyarakat.
Diantara aktivitas-aktivitas warga itu seperti menjala ikan, pembuatan kriya, sajian jajanan kuliner dan melihat Museum Desa Pela. Menparekraf mengapresiasi prestasi Desa Pela yang berhasil masuk dalam peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 mewakili Kaltim. "Hebat! Bisa merangsek ke 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia. Padahal tahun lalu masih 100 besar. Ini bisa menjadi Desa Wisata kebanggan Kaltim dan Kukar," ujar Sandiaga saat berada di Desa Pela, Senin (25/7).
Sandi juga memberikan perhatian pada aktivitas konservasi Pesut Mahakam yang ada di Desa Pela. Ini lah yang menjadi keunggulan tersendiri dari desa ini. Selain menonjolkan wisata sungai juga mengangkat sisi konservasi habitat langka. "Aspek konservasi ini perlu ditingkatkan. Bagaimana mengedukasi nelayan untuk membantu menjaga populasi pesut Mahakam,"serunya dengan tegas.

 Penutupan TIFAF 2022 Dihadiri Menteri Sandiaga Uno

TIFAF secara resmi ditutup oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno Minggu (24/7/2022) malam. Hadir langsung pada penutupan TIFAF ini Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, H Aji Muhammad Arifin, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim Hetifah Sjaifudian, Sekda Kukar Sunggono dan pejabat-pejabat OPD di Kutai Kartanegara Dalam sambutannya, Mas menteri Sandiaga menyampaikan bahwa Kemenparekraf memastikan TIFAF masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. KEN merupakan program baru yang diluncurkan oleh Menparekraf guna membangkitkan geliat event di daerah. Melalui TIFAF dapat menjadi wadah bagi pelaku musik tradisional, adat istiadat, serta tradisi unik untuk menyalurkan hasrat budaya masing-masing daerah. Hal ini, menurut Sandiaga membuat TIFAF 2022 menjadi momentum untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya nusantara.
TIFAF yang berlangsung selama empat hari 20-24 Juli 2022 ini terlaksana dengan sukses berkat dukungan semua pihak. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara, Slamet Hadirahardjo menegaskan pihak bersyukur semua pelaksanaan bisa dengan baik dilangsungkan di tiga tempat lokasi utama pagelaran pentas seni budaya yakni sore harinya di Amphitheater bawah jembatan, malamnya di Lapangan Basket Timbau dan Venue Halaman Parkir Stadion Rondong Demang.
"Festival Seni Nusantara Untuk Dunia, Alhamdulillah tema itu tidak sekedar tema, dan terbukti seni Nusantara yang kita tampilkan di TIFAF ini mampu menarik perhatian masyarakat internasional. Multi player efek yang terpenting lainnya ialah, ekonomi kerakyatan UMKM kita juga turut bangkit dengan adanya TIFAF ini. Sukses pelaksanaannya sukses ekonomi kerakyatannya," kata Bapak Slamet.

 Workshop Kata Kreatif Bersama Menteri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menginginkan ekonomi kreatif menjadi narasi baru dalam pengembangan ekonomi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Ia menyebut, Kutai Kartanegara selama ini dikenal dengan kekuatan ekonomi ekstraktif. Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kutai Kartanegara, Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif Indonesia), Minggu (24/7/2022) di Pendopo Kantor Bupati Kutai Kartanegara. "Kabupaten Kutai Kartanegara sudah menjadi kabupaten kreatif dengan seni pertunjukan sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan. 
Saya berdialog dengan para pelaku ekonomi kreatif yang berharap kehadiran pemerintah dalam memfasilitasi kebangkitan ekonomi dan juga ada solusi-solusi yang bersifat berkelanjutan dengan semangat kewirausahaan," kata dia dalam siaran pers. Sandiaga mengapresiasi upaya Kabupaten Kutai Kartanegara yang sudah melakukan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif dengan subsektor seni pertunjukan sebagai unggulan dalam pengembangan ekonomi kreatif Kutai Kartanegara ke depan.
Sandiaga melihat, pelaku ekonomi kreatif di Kutai Kartanegara memiliki potensi yang besar untuk maju. Hal itu, terbukti dari karya-karya yang ditampilkan mulai dari film, musik, dan seni pertunjukan yang memiliki daya tarik yang tinggi. "Pengalaman saya sebagai pimpinan di dunia usaha dan sekarang di kementerian, bahwa untuk menyikapi tantangan ekonomi yang kita hadapi sekarang kita perlu kolaborasi. Tinggalkan kompetisi, raihlah kolaborasi," imbuh dia. Tidak hanya dalam pengembangan subsektor seni pertunjukan, tapi juga tiga subsektor lainnya yang selama ini jadi unggulan di ekonomi kreatif tanah air yaitu kuliner, kriya, dan fesyen. "Di Kutai Kartanegara selama ini identik dengan ekonomi ekstraktif, saatnya kita bawa narasi baru yaitu ekonomi kreatif yang berbasis imajinasi, kreativitas, inovasi, adaptasi dan kolaborasi,

 TIFAF 2022 Resmi Di Buka

Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2022 secara resmi dibuka. Dihadiri langsung oleh Bapak Hadi Mulyadi selaku Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Bapak Edi Damansyah Selaku Bupati Kutai Kartanegara, dan beberapa tamu dari Kementerian Parekraf turut hadir menyaksikan pembukaan TIFAF yang berlangsung meriah (20/7/2022) malam di Taman Kota Raja Tenggarong. Peresmian pembukaan TIFAF 2022 ditandai dengan pemukulan gimar yang diiringi dengan musik tingkil dan penyalaan lampu hias, serta kembang api yang menghiasi langit Kota Raja. “Dengan ini TIFAF 2022 saya nyatakan resmi dibuka,” kata Bapak Hadi Mulyadi dalam sambutannya.
Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi para peserta yang mewakili daerahnya. Tak lupa ucapan terima kasih juga diucapkannya kepada perwakilan seni dari 18 kecamatan yang ada di Kukar. Sejumlah rangkaian ditampilkan dalam pembukaan TIFAF 2022. Mulai dari tampilan musik Olah Gubang, Tari Jepen selamat datang, kemudian menampilkan video kesenian dari mancanegara dan Kukar Asia Wonders. Dilanjutkan dengan Tari Kanjar Ganjur dan Tari Dayak Benuaq. Lalu Dayak Modang, Pokan Takaq, Sanggar Tari Ngelewai, Kelompok Seni Karya Budi, Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Sebulu. Sedangkan peserta dari mancanegara meliputi Turki, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Taiwan, Peru, Rumania, Venezuela, North Cyprus, dan Bulgaria. 
Total ada 14 peserta nasional dan sembilan peserta mancanegara yang terlibat dalam parade acara pembukaan. Diantaranya Kabupaten Polaweli Mandar dari Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Banyuwangi dari Jawa Timur, Kabupaten Karawang dari Jawa Barat, Bangka Belitung, dan Kota Depok dari Jawa Barat.TIFAF 2022 berlangsung tanggal 20 - 24 Juli 2022 yang mana akan menampilkan penampilan kesenian Nusantara setiap malamnya di Panggung Stadion Rondong Demang, Lapangan Basket Timbau, dan Street Performance di Ampiteater Bawah Jembatan pada sore hari.

 Kemeriahan Kirab Budaya TIFAF 2022

Meriahnya Kirab Budaya yang berlangsung di depan Kedaton Kutai Kartanegara pada Pukul 08.00 pagi (20/7/2022). Parade kirab budaya ini menampilkan Prajurit Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Marching Band, 15 Kelompok Seni dan 9 Paguyuban yang ada di Kutai Kartanegara. Kegiatan Kirab budaya ini dimulai pada pukul 08.00 wita yang dihadiri Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah,dan beberapa tamu penting lainnya ikut hadir dalam pagelaran Kirab Budaya ini.
Rute yang dilalui yaitu mulai dari depan Gerbang Raja hingga panggung Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara. Masing-masing peserta paguyuban kirab budaya diberikan kesempatan untuk menampilkan atraksi keseniannya dengan waktu sekitar 3-5 menit didepan panggung kehormatan. Seluruh masyarakat Kutai Kartanegara yang menonton memadati pinggir jalan di sepanjang jalur lintasan yang di lewati oleh peserta parade Kirab Budaya. Dengan diadakannya kirab budaya ini maka acara Tenggarong International Folklor Art Festival akan segera dimulai.

 Kukar Menari Segera Dilaksanakan

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara dan KeKraf Kutai Kartanegara akan melaksanakan "KUKAR MENARI 2022". Perwakilan Sanggar Tari dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara akan menampilkan berbagai macam tarian tradisional untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman kesenian dan budaya di Indonesia khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara. Merekam jejaknya, mengcapture momennya, mengekspose destinasi wisata yg ada di Kutai Kartanegara, kedalam bentuk digitalisasi karya, agar bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Segera tayang via kanal Youtube Visting Kutaikartanega dan youtube Kekraf Kukar. Semakin Cinta dan Bangga! Kutai Kartanegara Kaya akan Seni dan Budaya, Salam Lestari! Mari menari di Kukar Menari.

 Lamin Etam Ambors Dipadati Pengunjung

Serunya liburan di Lamin Etam Ambors Samboja Kutai Kartanegara. Jika singgah di Samboja, tidak lengkap rasanya kalau belum singgah di Objek Wisata ini. Spot foto instagramable, wahana permainan yang seru, & berbagai macam tempat menarik menjadikan Objek Wisata ini favorit keluarga untuk berlibur di akhir pekan. Pengunjung selalu memadati objek wisata ini untuk sekedar mengisi waktu libur bersama keluarga. Terlihat pengunjung selalu memadati Lamin Etam Ambors saat akhir pekan maupun saat libur sekolah.
Foto dalam artikel ini diambil saat bertepatan dengan liburan anak-anak sekolah sehingga wahana bermain menjadi favorit bagi pengunjung untuk menikmati keseruan wahana bermain di Lamin Etam Ambors yang mempunyai fasilitas cukup lengkap untuk menunjang wisatawan dalam berwisata. Pengunjung tidak hanya masyarakat sekitar Samboja saja, tetapi ada dari Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, bahkan Penajam Paser Utara pun datang ke objek wisata buatan ini. Berwisata yang seru untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga tercinta.

 TIFAF Segera Meriahkan Kota Raja

Mark Your Calendar! TIFAF 2022 Kembali lagi. Tenggarong International Folk Arts Festival 2022 kali ini hadir dengan mengusung Tema "Festival Seni Nusantara Untuk Dunia" Tenggarong, 20 - 24 Juli 2022 di ikuti: 6 Negara (Taping), 11 Provinsi, 10 Kabupaten Kota, 18 Kecamatan Venue Tenggarong : Taman Kota Raja, Amphitheater Jembatan Kutai Kartanegara, Lapangan Basket Timbau, Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang. Dengan dihadirkannya kembali TIFAF 2022 diharapkan ekonomi masyarakat kembali pulih dan menggeliat, Seni dan Budaya Tradisi Semakin melesat.
Kemeriahan TIFAF 2022 sudah terasa setelah 2 tahun vakum akibat pandemi covid-19, kini dengan diterapkannya new normal dengan aturan yang cukup ketat, kita bisa menyaksikan pagelaran acara ini dengan nyaman dan pastinya aman bagi para pengunjung yang datang langsung ke tempat acara. Yuk cari informasi lengkapnya di Instagram : @visitingkutaikartanegara atau Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara.

 Penutupan Pelatihan Pemandu Wisata Lokal

Hari ketiga sekaligus penutupan Bimtek dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata Lokal di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong hari Kamis (29/6/2022) pagi. Bapak Drs. Hery Rusnadi Selaku Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata secara resmi menutup kegiatan. Kegiatan kemudian di akhiri dengan pembagian sertifikat secara simbolis & foto bersama.
Dengan selesainya acara Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata Lokal, diharapkan untuk seluruh peserta yang berjumlah 20 orang terdiri dari perwakilan masing-masing pokdarwis di Kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara agar nantinya menjadi pemandu wisata lokal tempatnya yang professional dalam melayani dan memandu wisatawan baik itu lokal maupun asing agar objek wisata ini bisa tersampaikan informasinya dengan baik.

 Bimtek Dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata Lokal

Bimtek dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata Lokal di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong Selasa Pagi (28/6/2022). Acara ini berlangsung dari tanggal 28 - 30 Juni 2022. Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Bapak H. Slamet Hadiraharjo. Diikuti oleh peserta dari perwakilan masing-masing Pokdarwis se Kecamatan & Duta Wisata Kutai Kartanegara. Pemateri dalam acara ini yaitu Bapak Mangun Winata & Ibu Sri Suryani dari Pramuwisata Indonesia.
Hari kedua Bimtek dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata Lokal di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong berlangsung hari Rabu Pagi (29/6/2022). Para peserta hari itu saling berinteraksi dalam melakukan simulasi kepemanduan di objek wisata. Pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan para pemandu wisata lokal dalam memimpin perjalanan wisata. Narasumber kali ini masih dari Pramuwisata Indonesia, Ibu Sri Suryani & Bapak Mangun Winata. Acara berlangsung hingga hari Kamis untuk setifikasi para peserta.

Even Tahunan

Even