Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 5
Total Hits : 1,727,875
Pengunjung Hari Ini : 5
Pengunjung Online : 2
Total pengunjung : 468,434

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 79 Next > Last >>

 Kunjungan DPRD Kabupaten Paser Ke Dinas Pariwisata

Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kabupaten Paser beserta rombongan ke Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara pada tanggal 13 Januari 2022 dalam rangka untuk silaturahmi dan mendapatkan informasi terkait Pariwisata Berbasis Masyarakat untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jumlah rombongan terdiri dari 9 orang Komisi II DPRD dan 3 orang Sekretariat DPRD Kabupaten Paser. Acara berlangsung pukul 10.00 Wita di ruang aula Dinas Pariwisata. acara dimulai dari penyampaian Visi Misi Kutai Kartanegara hingga program ekonomi kreatif yang sedang dijalankan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata.
Setelah penyampaian materi dari Dinas Pariwisata, perwakilan dari DPRD Kabupaten Paser dipersilahkan untuk bertanya tentang pariwisata sesuai dengan tema yang di angkat yaitu Pariwisata Berbasis Masyarakat. Tanya jawab berlangsung santai sehingga apa yang dibahas dalam pertetemuan tersebut, saling mendapat masukan dan sharing yang baik antar Kabupaten Paser maupun Kutai Kartanegara. Acara ditutup dengan sesi foto bersama & ada penyerahan cendramata sebagai simbol silaturahmi antar Kabupaten.

 Perkemahan Sabtu Minggu Ekowisata Telaga Biru Sarijaya

Perkemahan Sabtu Minggu atau disingkat dengan Persami ini rutin dilakukan pengelola ekowisata telaga biru sarijaya Kecamatan Sangasanga. Acara berlangsung selama 2 hari yatu tanggal 8 – 9 Januari 2022. Mengusung tema “Menjaga Bumi” dalam artian bergerak searah membangun sarijaya. Kelurahan Sarijaya merupakan Kelurahan yang berada di Kecamatan Sangasanga, Sarijaya sendiri memiliki Ekowisata untuk membangun pariwisata di Sangasanga dengan mengeksplore daya tarik yang dimiliki Kecamatan Sangasanga seperti wisata kota juangnya maupun wisata perjuangan yang biasa dikenal yaitu Peristiwa Merah Putih.
Dengan adanya perkemahan ini diharapkan antusias dari berbagai komunitas sekitar maupun diluar ikut berpartisipasi dalam acara sehingga Ekowisata Telaga Biru Sarijaya semakin dikenal masyarakat sekitar maupun diluar Sangasanga. Antusias pada Persami kali ini terlihat dari cukup banyaknya peserta yang ikut berpartisipasi. Protokol kesehatan tetap terus diterapkan selama perkemahan berlangsung.

 Explore Festival Kukar 2022 Terlihat Ramai

Explore Festival Kutai Kartanegara 2022 yang dilaksanakan di halaman parkir Putri Karang Melenu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Kutai Kartanegara khususnya yang ada di sekitar Tenggarong Seberang maupun Kota Tenggarong. Expo yang mengusung tema pelestarian budaya untuk odah etam berkarya tersebut terlihat cukup ramai. Explore Festival juga menawarkan berbagai hiburan untuk pengunjung, mulai dari makan-makanan hingga aksesoris seperti baju-baju ditawarkan dalam stand-stand expo. Pengunjung juga dimanjakan dengan penampilan-penampilan panggung hiburan yang ada setiap malamnya selama acara berlangsung dari tanggal 8 sampai 16 Januari 2022. Tiket yang ditawarkan juga cukup terjangkau, dengan membayar Rp. 5.000 per orang, kita sudah bisa masuk ke area expo.
Setiap harinya pengunjung datang, terlihat bertambah ramai apabila malam hari karena ada penampilan di panggung hiburannya. Protokol kesehatan tetap diterapkan bagi pengunjung maupun penjual hingga panitia terkait selama festival berlangsung.

 Pembukaan Explore Festival Budaya Kukar 2022

Ramainya pembukaan Explore Festival Budaya Kutai Kartanegara 2022 (8/1) malam dengan tema Pelestarian Budaya Untuk Odah Etam Berdaya yang akan berlangsung tanggal 8 – 16 Januari 2022 di Halaman Parkir Puteri Karang Melenu (PKM) Kecamatan Tenggarong Seberang. Protokol kesehatan tetap diterapkan selama pembukaan berlangsung sehingga walaupun dengan protokol kesehatan, tidak mengurangi antusias masyarakat datang melihat pembukaan Festival Budaya dengan suasana yang sedikit berbeda. Berbagai macam acara yang ditampilkan dalam Explore Festival Budaya Kutai Kartanegara seperti UMKM Fair, (Fashion, Kuliner, Kerajinan, dan Permainan Anak), pertunjukan Seni Dan Budaya, hingga Parade Band.
Tiket yang dijual kepada pengunjung cukup terjangkau, hanya Rp. 5.000 per orang kita sudah disuguhkan dengan acara-acara yang menarik, kuliner-kuliner yang berada di tenda masing-masing, hingga permainan-permainan keluarga menjadi favorit pengunjung untuk datang ke Explore Festival Budaya ini.

 Besingkut Beadu Gasing Kutai

Keramaian terlihat ditepi jalan tepatnya samping area Tenggarong Visitor Cernter / yang biasa dikenal Jam Bentong. Acara Beadu Gasing Kutai atau yang disingkat dengan Besingkut tersebut banyak didatangi pecinta gasing. Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari Explore Festival Kutai Kartanegara 2022 yang mengusung tema pelestarian budaya untuk odah etam berkarya.
Gasing merupakan olahraga tradisional yang digandrungi semua lintas usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dalam kegiatan beadu gasing tersebut, gasing yang digunakan dalam lomba yaitu gasing dari bahan kayu, diputar menggunakan tali yang sudah digulung terlebih dahulu pada gasing. Saat dilempar, gasing kayu dengan sendirinya berputar kencang sesuai dengan kekuatan dari orang yang menggunakan. Lomba berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 8 sampai 9 Januari 2022 dari sore hingga senja.

 Ramainya Taman Kurma Cempaka Saat Nataru

Taman Kurma Cempaka merupakan objek wisata yang terbilang baru, dengan mengandalkan konsep pohon kurma, menjadi ciri khas tersendiri untuk objek wisata ini. Terletak di Kelurahan Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, objek wisata ini menawarkan spot-spot foto yang indah serta sejuk. Dikelilingi pohon yang rindang dan hijau, udara terasa segar disekitar area Taman Kurma Cempaka. Ada juga kolam berenang yang ramah untuk keluarga menjadi favorit untuk berlibur khususnya saat Natal dan Tahun Baru. Menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2022, beberapa objek wisata di Kutai Kartanegara ramai dikunjungi pengunjung yang berasal dari dalam maupun luar daerah salah satunya Taman Kurma Cempaka Kelurahan Loa Tebu.
Terlihat saat libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2022, pengunjung cukup memadati objek wisata ini. Banyak anak-anak maupun orang dewasa ikut berenang di kolam berenang yang dikelilingi dengan pohon-pohon membuat suasana berenang menjadi segar karena suasana yang masih asri. Protokol kesehatan tetap diutamakan pengelola demi kesehatan Bersama selama berwisata.

 Sinegritas Dan Singkronisasi Kalender Event Kukar

Mendekati penghujung tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya Dinas Pariwisata yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan event-event mulai menyusun dan mengsingkronkan kalender event yang akan dibuat untuk pelaksanaannya pada tahun 2022. Kegiatan Sinegritas Dan Singkronisasi Kelender Event Kutai Kartanegara ini dilaksanakan pada Senin tanggal 27 Desember pukul 10.00 pagi sampai selesai bertempat di Gedung Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) yang berada di seberang kawasan Taman Kota Raja.
Beberapa pejabat Dinas Pariwisata beserta jajarannya turut hadir dalam kegiatan. Kalender event Kutai Kartanegara setiap tahunnya menjadi cara yang dianggap strategis dalam mempromosikan Pariwisata lewat beragam event Festival dan Atraksi dalam rangka meningkatkan kunjungan nusantara maupun wisatawan mancanegara ke Kutai Kartanegara. Protokol kesehatan selalu diterapkan saat kegiatan berlangsung.

 Pantai Tanah Merah Samboja Selalu Terapkan Prokes

Sudah sekitar kurang lebih 4 Bulan saat dibuka kembalinya Objek Wisata Pantai Tanah Merah Samboja, penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat jadi acuan dibukanya kembali objek wisata ini. Wajib menggunakan masker, selalu cuci tangan pakai sabun yang disediakan petugas didepan loket karcis, serta selalu menjaga jarak antar pengunjung lain menjadi kewajiban yang harus diikuti oleh pengunjung maupun petugas sekitar Pantai Tanah Merah Samboja. Pantai ini cukup rindang dan sejuk karena di pantai ini terdapat banyak pohon pinus yang membuat pantai semakin sejuk dan segar. Pantai Tanah Merah menjadi tempat wisata laut yang pertama kali ada di Samboja. Mengingat saat ini sudah ada banyak pantai yang dijadikan tempat wisata di daerah pesisir Samboja selain Pantai Tanah Merah.
Pantai Tanah Merah termasuk pantai yang paling luas yang ada di wilayah Samboja setelah pantai Ambalat dan pantai Pemedas. Saat pandemi covid-19 tiba, semua objek wisata ditutup sehingga Pantai Tanam Merah Samboja dan objek wisata lainnya di Kutai Kartanegara vakum hampir lebih dari setahun dan kembali buka mulai pertengahan bulan September 2021.

 Prokes Saat Berwisata Di Lamin Etam Ambors

Berlibur ke Lamin Etam Ambors, wahana wisata Lamin Etam Ambors merupakan alternatif rekreasi wisata keluarga yang berada di kawasan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Lamin Etam Ambors merupakan wahana Outbound dan Pemancingan yang terletak di desa Tani bhakti Km 28, Samboja, Kutai Kartanegara. Akses jalan menuju Obyek wisata “Lamin Etam Ambors”  cukup baik. Obyek dan daya tarik Obyek wisata “Lamin Etam Ambors”  ini menawarkan berbagai macam fasilitas diantaranya Gajebo Villa, Gedung pertemuan lamin etam, Gajebo Outdor, Panggung Joglo, Electone, musolla, dan arena permainan, Diantaranya Titanik, Tangkap Ikan / belut, Gepuk Bantal, Trip trans Borneo, Joget Kursi, Kudeta Raja, Tarik Tambang eksekutif, Ring Toes, Friendshiep circle, Tupai Pohon, Rebut balon, dll.
Wahana permainan yang tersedia diantaranya Flying fox, sepeda air, perahu dayung, Tunggang Kuda.Selama masa pandemi seperti saat ini, Lamin Etam Ambors dari awal peningkatan kasus covid-19 sudah menerapkan protokol kesehatan yang diimbaukan bagi objek wisata yang beroperasi ditengah pandemi. Selalu menggunakan masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan sebelum masuk objek wisata sudah diterapkan dengan baik. Alat pengukur suhu badan juga sudah disiapkan apabila ada pengunjung yang mengalami demam sebaiknya tidak memasuki objek wisata demi kesehatan bersama. Walaupun mengalami sedikit dampak dari pandemi, tetapi tidak mengurangi ansusias pengunjung yang harus mengikuti prosedur protokol kesehatan untuk datang menikmati liburannya di Lamin Etam Ambors.

 Diskusi Penyusunan Rancangan Draf City Branding

City branding Kukar Asia Wonders menjadi logo resmi yang digunakan dalam mempromosikan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan kali ini yaitu Diskusi Penyusunan Rancangan Draf Perbup City Branding Kabupaten Kutai Kartanegara yang berlangsung di Hotel Singgasana pada hari Selasa 14 Desember 2021 diikuti oleh pejabat-pejabat Dinas Pariwisata beserta jajarannya.
Dalam diskusi ini terdapat poin-poin penting menyusun rancangan draf Perbup City Branding Kukar Asia Wonders sehingga City Brandingnya Kutai Kartanegara ini bisa dikenal luas bukan hanya diseluruh wilayah yang meliputi Kecamatan Kutai Kartanegara saja, tetapi bisa dikenal diluar daerah hingga luar negeri. Diskusi berlangusng santai, apa yang ditampilkan di layar proyektor menjadi pembahasan dalam diskusi yang berlangsung pagi hari hingga siang tersebut. Protokol kesehatan selama acara tetap diterapkan untuk mencegah penularan virus disekitar saat berlangsungnya kegiatan.

Even Tahunan

Even