Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 585
Total Hits : 1,783,381
Pengunjung Hari Ini : 98
Pengunjung Online : 2
Total pengunjung : 486,653

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 90 Next > Last >>

 Pembukaan Festival Pesisir 2022 Menjura Pesisir

Pembukaan Festival Pesisir, Menjura Pesisir berlangsung semalam (4/6/20222) di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak. Acara ini dibuka oleh Bapak Drs. Hery Rusnadi, selaku Kepala Bidang Industri Pariwisata dari Dinas Pariwisata yang mewakili Bupati Kutai Kartanegara. Rangkaian acara dalam kegiatan ini meliputi Festival ragam Tari Pesisir, Permainan Tradisional, Pertunjukan Seni, Pemutaran Film, Talkshow Pesisir, Parade Musik, Penyematan Duta Pesisir, Pesisir Coffee, Gelar UMKM, dan Seni barong.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan menghidupkan ekonomi pesisir melalui berbagai macam kegiatan yang akan memeriahkan festival pesisir ini. Daerah pesisir memang menjadi daya pikat tersendiri dan memiliki segudang potensi untuk dimanfaatkan. Selain memang menjadi daya tarik dengan pemandangan yang indah, pesisir juga mempunyai potensi perikanan laut yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian maupun kepariwisataannya.

 Tera Kukar Mengenakan Batik Melayu Kutai

Event Beauty Fest Samarinda 2022 berlangsung di Big Mall Samarinda Sabtu, 4 Juni 2022 malam. Acara juga dihadiri oleh Bapak Drs. Triyatma selaku Subkordinator Bidang Promosi Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara. Teruna Dara Kutai Kartanegara ikut terlibat dalam acara, pada event kali ini Tera Kukar mempromosikan Batik Melayu Kutai rancangan Bapak Imam Mardioto. Batik Melayu Kutai rancangan Imam Mardioto ini sudah ikut berbagai event-event nasional. Terbaru, Batik Melayu Kutai sudah pernah mengikuti ajang bergengsi yang memukau orang-orang saat di Jogja Fashion Show 2021 lalu.
Dalam kesempatan kali ini, Event Beauty Fest Samarinda 2022 menjadi ajang Batik Melayu Kutai untuk mengenalkan karya yang tetap mengkedepankan kearifan lokal tersebut. Teruna Dara Kutai Kartanegara yang tergabung dalam Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) Kutai Kartanegara mengirimkan talentanya dengan berkolaborasi bersama Imam Mardioto untuk mengenakan Batik Melayu Kutai dalam ajang bergengsi di kota Samarinda Tersebut. Promosi yang baik bagi karya lokal kita agar bisa lebih dikenal banyak kalangan yang meliputi skala nasional.

 Studi Banding Kabupaten Paser Ke Kutai Kartanegara

Studi banding Pemerintah Kabupaten Paser ke Kutai Kartanegara untuk pemanfaatan lahan bekas tambang di Taman Gubang, Desa Loa Ulung Kecamatan Tenggarong Seberang pada hari Kamis 2 Juni 2022. Dalam kesempatan kali ini, didampingi Bapak Drs. Triyatma selaku bidang Promosi Pariwisata dan Ibu Airin Susanti selaku Pemberdayaan Masyarakat Wisata untuk memberikan informasi-informasi mengenai pemanfaatan lahan bekas tambang yang dijadikan objek wisata bernilai lebih dan berdampak bagi perekonomian masyarakat sekitar maupun kepariwisataan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara
Pemanfaatan bekas lahan tambang di Kutai Kartanegara ini menjadi contoh yang baik bagi Kabupaten lain yang ada di Provinsi Kalimantan Timur guna memanfaatkan lahan tambang yang sudah menjadi kolam salah satunya yang dilakukan oleh Kabupaten Paser dalam studi banding ke Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan konsep wisata, lahan bekas tambang bisa dirubah menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi sebagai objek wisata unggulan.

 Agenda Festival Sebulu 2022

Kecamatan Sebulu kali ini akan menggelar acara bertajuk “Festival Sebulu 2022”. Acara ini berlangsung dari tanggal 4 Juni sampai 4 Juli 2022. Festival yang cukup panjang waktunya dengan agenda-agenda yang menarik untuk dikunjungi. Festival Sebulu 2022 ini bertujuan untuk memperingati hari jadi kecamatan Sebulu yang ke 57. Acara ini diagendakan berlokasi beberapa tempat, mulai dari Sebulu Ilir, Sebulu Modern, Sebulu Ulu, dan Manunggal Daya. Adapun berbagai macam agenda yang dilaksanakan mulai dari Liga Bola Desa Cup 2022, Lomba Olahraga Tradisional, Pameran Sebulu UMKM Kreatif, Jalan Santai, Senam Bersama dan Zumba, Sebulu Beseprah, dan Sebulu Bersholawat. Berbagai macam kegiatan selama sebulan penuh akan meramaikan Kecamatan Sebulu sehingga nantinya akan menarik perhatian pengunjung baik itu masyarakat sekitar maupun pengunjung yang datang dari luar Kecamatan Sebulu untuk ikut serta menyaksikan keseruan dari Festival Sebulu 2022.

 Salah Satu Alternatif Wisata Pantai Di Kukar

Inilah salah satu alternatif wisata pantai yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pantai Tanah Merah yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan suasana pantai yang alami bersama rindangnya pohon - pohon Pinus yang berjejer estetik, menambah keindahan pantai ini. Destinasi wisata yang pas bagi anda yang senang berekreasi bersama teman, kerabat dan keluarga.
Dengan pemandangan khas pantai, suasana yang segar dibawah pohon-pohon pinus sembari menikmati makanan maupun cemilan yang tersedia dijual di area sekitar pantai menjadikan wisata pantai menjadi alternatif berlibur yang sangat tepat untuk melepas penat maupun menyegarkan pikiran. Pandemi mulai berakhir, saatnya refreshing dan jalan-jalan lagi untuk melepaskan letih dan jenuh. Jangan abai dan tetap patuhi protokol kesehatan, jaga diri dan kesehatan dimanapun kita berada.

 Objek Wisata Gubuk Semar Dengan Konsep Menarik

Hadir lagi objek wisata baru di Kutai Kartanegara. Ditandai Soft Launching dengan tema Wisata Desa "Gubuk Semar" Yang berlokasi Di Desa Badak Mekar, Kecamatan Muara Badak. Atraksi Wisata yang ditawarkan berupa Camping Ground dengan 5 buah tenda Glamping, camphammock, taman anggrek, serta suasana persawahan yang alami. Biaya glamping sebesar Rp. 350.000,- s/d Rp. 400.000 per malam plus sarapan pagi, dengan Biaya masuk sebesar Rp. 10.000,-. Nuansa yang masih asri di persawahan menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki Gubuk Semar dalam mempromosikan wisatanya.
Kebanyakan objek wisata menawarkan konsep modern disekelilingnya guna menarik minat pengunjung maupun wisatawan, tetapi di Gubuk Semar menawarkan konsep perpaduan antara nuansa alami disekitar dengan camping ground yang disiapkan bagi pengunjung untuk merasakan keunikan menginap di pertengahan sawah namun dengan fasilitas yang lengkap. Untuk info pemesanan Camping Ground maupun informasi lainnya bisa menghubungi Contact Person pengelolanya, WA: 0811 5511 961.

 Pantai Duta Pemedas Jadi Favorit Liburan

Pantai Duta Pemedas yang terletak di Kecamatan Samboja ini menjadi salah satu tempat favorit liburan keluarga terlebih masih dalam suasana Syawal seperti saat ini. Pantai yang menampilkan hamparan pantai kurang lebih sepanjang 850 meter ini difasilitasi berbagai tempat selfie, gazebo hingga mainan untuk anak-anak seperti ayunan. Selain itu, disediakan motor atv sebagai hiburan para pengunjung untuk mengelilingi pantai Duta Pamedas. Motor atv disewakan per 15 menitnya sebesar 50 ribu. Untuk gazebo per 3 jam sebesar 50 ribu. Pantai ini dibuka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga sore.
Untuk biaya masuk, para pengunjung akan dikenakan biaya berdasarkan kendaraan yang digunakan, yakni mobil dengan biaya tiket Rp 30 ribu dan motor Rp 10 ribu. Tiket masuk bukan hitungan orang tetapi hitungan kendaraan. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin kemping di pantai, pengelola pantai akan memberikan fasilitas berupa penjagaan terkait keamanan dan kebersihan di pantai. Tiket masuknya tetap menggunakan perhitungan kendaraan. Bagi yang ingin kemping selain membawa tenda sendiri, pihak pantai juga menyewakan gazebo untuk menginap. Sewa gazebo untuk menginap sebesar Rp. 100 ribu hingga jam 9 pagi.


 Dharma Wanita Persatuan Ikut Meramaikan UMKM Fest

Dharma Wanita Persatuan Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara iut andil dalam festival UMKM pada tanggal 30 & 31 Mei di lapangan parkir stadion Rondong Demang. Dharma Wanita dalam kegiatan kali ini menawarkan kuliner-kuliner yang popular dimasa sekarang & kuliner tradisional. Dengan beberapa menu pilihan kekinian di antaranya tomyam, dimsum, cumi bakar, bakso, burger, sosis solo dan berbagai macam jajak kutai sehingga bisa dinikmati semua kalangan baik itu anak-anak hingga dewasa.
Makanan yang ditawarkan ini tidak kalah dengan makanan-makanan yang ada di resto-resto ternama. Dengan ikut andilnya Dharma Wanita Persatuan ini, diharapkan bisa meningkatkan perputaran ekonomi melalui produk-produk UMKM yang ditawarkan sehingga meningkatkan ketertarikan masyarakat dengan UMKM lokal yang ada.

 PUTRI Talk Melalui Zoom

PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Kreasi Indonesia) Talk “Memanfaatkan Budaya/Culture Perusahaan Anda untuk menarik Talent/SDM yang Tepat” Webinar ini akan memberi Anda informasi tentang yang Anda butuhkan untuk mulai menciptakan budaya luar biasa yang menarik dan akhirnya dapat menarik talenta baru dan mempertahankan talenta yang tepat. Mengapa mengerjakan budaya/culture di perusahaan Anda adalah inisiatif paling penting yang bisa Anda lakukan. Mengapa budaya/ company culture menjadi salah satu kriteria terpenting bagi pencari kerjaBagaimana Anda dapat mempromosikan budaya Anda dalam menarik bakat terbaik. Adapun Webinar akan diadakan pada Hari/Tanggal : Kamis 2 Juni 2022 Pukul : 13:00 s/d 16:00 by Zoom. Nara Sumber Ibu Nadia Suardin, MBA, MPA. Beliau merupakan People and Culture Senior Advisor at Amaranda Consulting (Ex Smartfren Telecom and Accor Indonesia). Moderator dalam acara ini Ibu Dotty Iravaty Lilipaly (Ketua Bidang Pendidikan & Pelatihan DPP PUTRI). Info lebih lanjut bisa hubungi Artha Wiguna / 0812-9490-3517.

 Kulineran Kutai, Gangan Terong Asam Keladi

Gangan Terong Asam Keladi juga menjadi salah satu makanan favorit keluarg, karena memang menjadi makanan khas tersendiri di Kutai. Proses pembuatannya yang cukup mudah menjadikan makanan ini ada disetiap penjual makanan yang menjual makanan khas Kutai. Berikut resep dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gangan ini :
Bahan :
-    Keladi/ talas ½ kg
-    Kangkung 1 ikat
-    Terong asam 1 biji
-    Bawang merah 2 siung dan daun bawang hutan
-    Cabe merah 2 biji
-    Garam dan terasi secukupnya
-    Kepala ikan sungai
Cara membuatnya pertama bersihkan keladi, terong asam, kangkung lalu dipotong – potong lalu rebus terong asam, cabe hingga empuk kemudian masukkan keladi dan kepala ikan sampai empuk.Setelah itu angkat cabe dan terong asam lalu ulek kasar dengan garam dan terasi, masukkan kembali dalam rebusan tadi. Lalu masukkan kangkung dan daun bawang hutan hingga matang kemudian angkat dan sajikan.

Even Tahunan

Even